Pentingnya Kemasan Dalam Jual Beli Online

Sobat, saat hendak memulai sebuah usaha, kita harus mempraktekkan unsur branding kepada lini usaha kita seperti Kemasan Produk Jual Beli Online. Topik ini berlaku untuk semua model usaha kamu, baik secara tradisional alias offline, maupun yang kekinian lewat jual beli online Terpopuler.

Branding adalah sebuah strategi bisnis yang berupaya untuk mengenalkan baik secara visual maupun verbal atas merk dagang atau produk tertentu. Selain itu, sebisa mungkin kita menyematkan message yang ingin ditanamkan lewat strategi branding ke dalam alam bawah sadar konsumen.

Pentingnya Kemasan Dalam Jual Beli Online

Semua ini berhubungan dengan salah satu aspek penting dalam meningkatkan kapasitas bisnis kita yaitu brand awareness. Ada sekian banyak jalan untuk membuat masyarakat memiliki kesadaran yang kuat akan kehadiran merk bisnis kita. Jalan yang akan kita bahas kali ini berfokus pada pentingnya kemasan.

Seperti apa citra yang ingin kamu peroleh dari masyarakat, pertama kali bergantung pada kemasan produkmu. Kemasan bisa jadi merupakan identitas yang akan terus dibawa selama usaha anda berjalan puluhan tahun ke depan. Kamu bisa menginterpretasikan karakter brand melalui logo, warna, design, dan masih banyak lagi.

Kemasan merupakan perantara pesan nomor satu karena itulah yang bakal duluan diperhatikan secara langsung oleh calon pembeli. Baik dan buruknya kemasan mu akan menjadi penentu krusial, apakah calon buyer mau mengetahui produkmu lebih lanjut atau mengabaikannya.

Strategi Marketing Jual Beli Online Paling Jitu Lewat Kemasan

Kemasan adalah bagian dari strategi marketing yang paling jitu baik dari segi ketepatan, jangkauan, efisiensi, serta tingkat keberhasilan nya. Misalkan apabila model kemasan produk mu berbentuk unik dan nyeleneh, publik akan tertarik untuk bercerita pada temannya sebagai bahan perbincangan. Strategi Marketing Jual Beli Online Paling Jitu Lewat

Dengan kata lain, itu sama saja mereka sedang mengiklankan produk anda secara sukarela, natural, organik, dan yang pasti minim biaya. Lalu, bayangkan jika seorang milenial yang melek teknologi serta sangat aktif di media sosial membagikan cerita seputar produkmu. Anda bisa bayangkan, dari sinilah awal mula segala hal yang pernah viral di internet bisa terjadi.

Dari segi kompetitif, sebuah produk yang dikemas dengan tampilan yang tidak umum dan penuh kreatifitas akan membuatnya terlihat kontras. Ia akan jauh lebih mampu menarik atensi calon konsumen jika dibandingkan dengan produk lainnya yang serupa. Kriteria yang wajib ada dalam merancang pengemasan produk haruslah berisi informasi dasar seperti nama, produsen, merk, dan jenis barang.

Setelahnya, tambahkan value terhadap info barusan misalnya penggunaan font, size dan letak tulisan, warna, disesuaikan dengan message yang ingin ditonjolkan. Ada sebuah berita baik yang sungguh mengejutkan, di mana secara fakta dan penelitian hal ini bisa dibuktikan. Sebagian orang di luar sana mempunyai kecenderungan untuk membeli sebuah produk berdasarkan bentuk kemasannya, dan biasanya kebanyakan adalah wanita.

Pengaruh Penggunaan Kemasan Yang Tepat Dalam Jual Beli Online

Pengaruh Penggunaan Kemasan Yang Tepat Dalam Jual Beli Online

Tujuan dasar penggunaan kemasan adalah untuk membungkus isi produk supaya menambah perlindungan. Ketika suatu barang diproduksi di pabrik, ia akan melewati serangkaian jalur distribusi entah via darat, laut, atau udara. Sepanjang perjalanan, ada banyak hal bisa terjadi dan menyebabkan barang yang hendak diedarkan sangat rentan menjadi rusak atau cacat. Penggunaan kemasan yang tepat mampu menjaga serta mempertahankan kualitas barang sampai nanti tiba di tangan konsumen. Poin ini sangat penting, karena semua inovasi terhadap kemasan akan menjadi sia-sia jika ia gagal melindungi isi produk di dalamnya.

 

Maka dari itu, silahkan berkreasi seinovatif mungkin dalam merancang Kemasan Produk Jual Beli Online, tapi jangan melupakan tujuan dasar penggunaan kemasan itu sendiri. Apabila seandainya nanti kamu berniat memasarkan minuman seperti kopi, pastikan wadahnya berfungsi dengan baik dalam menjaga kualitas dan ketahanan usia pakai nya. Contoh pengemasan kopi yang ideal adalah dengan memakai botol berbahan plastik food grade atau kaca yang tahan benturan. Pemilihan material tersebut yaitu karena sifat produk kopi yang biasanya akan dibawa bepergian oleh penggunanya.

Pengaruh Penggunaan Yang Tepat

Kemasan yang baik adalah sebuah projek jangka panjang di mana suatu hari kita dapat menuai hasil panen melimpah. Maka dari itu, setialah dalam perkara kecil dan sepenuh hati mulai dari proses menabur benih di awal. Selain menambahkan value lebih pada produk andalanmu, kemasan yang baik juga menyuguhkan diferensiasi, elegansi, serta kesan positif pada konsumen.

Perlu dicatat, sebuah pengemasan yang baik bukan berarti harus mahal dan rumit, sebab itu malah membuatnya jadi muluk-muluk. Jangan berlebihan dan perhatikan bahwa kemasan tersebut harus bisa menggambarkan visi misi produk dengan tepat sasaran. Kadang kala, sebuah ide desain yang simpel dan sederhana malah bekerja jauh lebih efektif ketimbang desain berwarna campur aduk. Apalagi kalau ornamennya terlalu banyak, alih-alih membuat konsumen terkesan, malah membuatnya jadi jijik dan meninggalkan produkmu.